Depok-Buah Belimbing ke Industri Kreatif   Leave a comment

KOTA Depok identik dengan belimbing. Selama 5 tahun terakhir ini, Pemerintah Kota bersama para pemangku kepentingan di bidang pertanian, aktif mengkampanyekan belimbing sebagai ikon Kota Depok.

Belimbing Depok dikenal dengan Belimbing Dewa, Hasil buah karya petani penangkar Depok Bapak H. Usman Mubin.

 Belimbing dengan berbagai kelebihannya akan memberikan inspirasi bagi warga Kota Depok bagi munculnya berbagai karya kreatif. Misalnya dalam pengembangan kuliner, kerajinan, seni rupa, dll.

Buah yang berwarna kuning-Orange keemasan ini, mengandung vitamin C dan A yang cukup tinggi, buah besar dapat mencapai 0.8 Kg per buah, Rasa manis ditenggarai sebagai obat herbal penurun darah tinggi/Hipertensi, Kencing Manis, Nyeri Lambung, dll, sangat Prospektif dikembangkan di kota Depok dan kini telah menjadi buah unggulan kota Depok karena secara komparatif Buah Belimbing Dewa Depok Lebih unggul dibandingkan buah belimbing yang lainnya yang ada di Indonesia. Hal ini diketahui pada setiap Event Lomba Buah Unggul dan pameran-pameran buah Nasional serta Internasional, Buah Belimbing Dewa ini lebih unggul dan selalu menjuarai sebagai buah unggul nasional versi Trubus.

Belimbing sudah lama dibudidayakan oleh petani Kota Depok dan sesuai secara klimatologis. Tanaman belimbing membutuhkan curah hujan sedang dan sinar matahari memadai dengan intensitas penyinaran 45-50 persen. Belimbing akan tumbuh prima pada daerah dengan 7,5 bulan basah aan 4,5 bulan kering. Budidaya belimbing makin diminati oleh para petani baru, karena cukup menguntungkan secara ekonomis. Saat ini jumlah pohon belimbing di Kota Depok mencapai sekitar 30 ribu pohon, atau mencapai 120 hektare, dengan jumlah petani mencapai 1000-an orang. Belimbing Depok memiliki keunggulan karena penampilan fisiknya yang “lebih” dibanding jenis belimbing lainnya, baik dari Demak maupun Blitar yang merupakan pesaing utamanya. Selain itu, Belimbing menjadi daya pikat tersendiri. Belimbing juga merambah Istana Negara. Sejumlah parsel belimbing Dewa Depok sering dipromosikan kepada tamu-tamu Negara.

Upaya lain dalam meningkatkan nilai tambah produk Belimbing adalah pengolahan produk. Walaupun usaha pengolahan hortikultura di kota Depok masih minim, akan tetapi sosialisasi pelatihan di bidang olahan untuk memotivasi pengusaha mikro dibidang pengolahan dalam memproduksi olahan hortikultura khususnya buah-buahan menjadi minuman segar terus ditingkatkan. Kini mulai banyak pengusaha olahan di kota Depok yang merintis untuk olahan produk holtikultura seperti buah belimbing dan jambu biji merah diantaranya adalah Bapak Toni, Ibu Maria, Ibu Retno.

SUMBER :

http://bataviase.co.id/node/513177

http://www.depok.go.id/profil-kota/ikon-kota-depok

Posted Mei 21, 2011 by yuyunchelsea in TUGAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: